Indonesia Raih Runner-Up 1 Miss Eco International 2018

By Admin

nusakini.com--Wakil Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Astira Intan Vernadeina, dinobatkan sebagai Runner Up Pertama dalam kontes Miss Eco International 2018 yang digelar di Cairo Opera House, Mesir, pekan lalu. Selain menjadi juara kedua, Astira juga memenangkan gelar Best Tourism Video, serta masuk dalam Top 10 National Costume dan Top 15 Best Eco Dress. 

"Alhamdulillah Astira bisa mengharumkan nama Indonesia. Terima kasih atas dukungan teman-teman semuanya," ujar Runner Up ketiga Putri Pariwisata 2017 itu seusai acara.  

Duta Besar RI di Cairo, Helmy Fauzy, juga menyampaikan ucapan syukurnya atas kemenangan Astira dan Indonesia. "Syukur alhamdulillah dan selamat. Semoga kemenangan ini dapat menjadi modal untuk mempromosikan pariwisata pariwisata ramah lingkungan dan pesona keanekaragaman hayati di Indonesia," ujarnya.  

Di malam final  Astira tampil cemerlang. Dari 58 peserta yang tampil, dia masuk dalam Top 20, kemudian Top 10. Di babak tersebut, dia menjawab pertanyaan mengenai waste management, dimana dia menjawab bahwa pengelolaan sampah bukan hanya suatu kewajiban, namun juga sebuah ide yang harus ditularkan melalui berbagai forum. Jawaban tersebut mengantarkannya ke babak Top 5, bersama wakil dari Vietnam, Costa Rica, Peru, dan Filipina.

Di babak tersebut, Astira memaparkan mengenai pentingnya media sosial sebagai sarana untuk menularkan branding mengenai eco-tourism serta mengajak berbagai pihak untuk melakukan aktivitas ramah lingkungan. Jawaban tersebut membawanya ke posisi puncak yang diperebutkan bersama wakil Filipina, Cynthia Thomalla, yang akhirnya dinobatkan sebagai Miss Eco International 2018.  

Miss Eco International sendiri bukan sekadar kontes kecantikan biasa, namun juga merupakan kompetisi yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata yang ramah lingkungan.

Selain penilaian atas brain, beauty, dan behaviour, kompetisi itu juga mencari pemenang yang memiliki visi dan misi terhadap kelangsungan pelestarian lingkungan hidup. Pemenang Miss Eco International 2018 juga akan menjadi UN Goodwill Ambassador selama 6 tahun untuk mempromosikan aktivitas ramah lingkungan. (p/ab)